5/02/2013

Hari ini, Hari Pendidikan Nasional ya?
Ngomong-ngomong soal itu, gak kerasa ya, aku sudah belajar selama 6 tahun di SD, 2 tahun di SMP, 3 tahun di SMA, dan sudah 2 tahun ini di bangku kuliah. Tiap hari belajar terus sampe bosen. Tapi apa masih inget pelajaran SD?

Kemarin, aku mengoreksi tugas muridnya ibuku, beliau seorang guru SD. Dari tahun ke tahun aku bisa melihat materinya bertambah sulit. Contohnya saja, dulu aku ngertinya pembuluh darah ya nadi sama balik, kalau sekarang dari SD nyebunya sudah arteri sama vena. Namun walaupun materi bertambah, karena ujiannya sudah jelas kisi-kisinya akhirnya nilainya ya banyak yang tinggi, dan bersaing ketat untuk masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya. Lah, orang-orang Indonesia pinter-pinter banget ya? Dari SD saja sudah belajar macam-macam. Dari pengetahuan alam sampai berbahasa, semua diajarkan di sekolah. Keren banget dah. 
sumber
"Kamu ini matematika saja gak bisa! Masa cuma dapet 60, makanya belajar yang rajin!"
Seringkali itu yang terucap oleh orangtua jika anaknya dapat nilai jelek. Bahkan, orangtuanya gak melihat kalau nilai bahasa Inggrisnya 90. Siapa yang tahu anak ini akan menjadi duta besar Indonesia di luar negeri nantinya? Pengalaman dari SD sampai SMA, hampir semua anak pasti punya kelebihan di satu mata pelajaran, dan memang itulah kemampuan yang harus dikembangkan. Sayangnya, sistem pendidikan di Indonesia menerapkan ujian yang sama, untuk anak-anak dengan kepandaian yang berbeda. Ada nilai minimal nya lagi buat lulus, mati dah. Belum lagi karena banyaknya materi yang harus dipelajari, seperti gelas kosong yang diisi sampai kepenuhan hingga tumpah. Sering banget lagi ada ujian *curhat*

Itu baru masalah yang pertama, belum lagi dengan tugas-tugas, PR, atau apalah itu sembarang,

"kamu telah menyita jam tidur saya, telah menguras pikiran saya, telah membuat pegel punggung saya, DEMI TUGAAAASSSSS!" - Uzzy Guna-Guna

Dan sekali lagi, menurut pengalaman, tugas paling efektif itu pas kuliah. Karena ya sesuai bidang kita (yaiyalah) dan berguna untuk profesi kita nantinya. Lah tugas PR sekolah? Waduh, dikerjain sama guru les. Pas ujian akhirnya gak bisa. Capek deeehhhh. Jadi, PR itu efektif? Mending kalau latihan dikerjakan di sekolah saja dehhh. Itu juga kalau gak nyontoh temannya, ujian aja bisa nyontek, muehehehe.

sumber
Sudah gitu, muridnya juga males-males pol. *ngaca* Padahal banyak loh yang pengen sekolah tapi gak ada biaya, atau malah menempuh sekolahnya jauh dan medannya berbahaya, sampai lewati buaya. Lintaaangg.
Tapi, kalau memang sudah penuh otaknya, memang seharusnya refreshing, ayo libur dong!

Tidak hanya dari segi murid saja, guru juga kayaknya kok susah-susah gitu. Pernah gak punya guru yang gak semangat ngajar? Wes telat, males ngajar, gak jelas, makan gaji buta. Tapi seragaman PNS coy. Kadang banyak juga guru honorer yang semangat ikhlas membagi ilmu, tapi gajinya menyedihkan :') oh, Indonesia. Kemarin, temen ibu aku yang honorer, dapet tunjangan gitu dapet pemerintah, alhamdulillah. Semoga semua guru yang baik bisa dapet yaaa! Semangat pemeritah, duitnya buat yang baik-baik aja kayak gini, jangan dibuat jalan-jalan ya :")

Berkaca dari ibuku, cukup bangga sih. Ibuku menganggap mengajar itu ya hidupnya. Beliau dijadikan kepala sekolah aja gak mau, maunya ngajar aja. Beliau mengajarnya juga nyenengin, gak ceramah tok ae, gak ngamuk tok ae. Yo jelas nilai nya muridnya bagus. Trus dia juga menaruh perhatian lebih buat muridnya yang tidak bisa.

Semoga pendidikan di Indonesia semakin baik. Selamat belajar generasi penerus bangsa! Selamat mendidik generas lebih baik, para pahlawanku tanpa tanda jasa! Selamat Hari Pendidikan Nasional! Cheers :)

6 komentar:

  1. hahaa.. iyya sekarang sudah ga jaman mengajar dgn penuh angkara murka.. salam buat ibunya ya... bner2 guru teladan, ga ngejar materi :)

    BalasHapus
  2. hahaha samaan dong, mamaku juga guru dan ga mau jadi kepala sekolah. anyway, selamat hari pendidikan nasional ! :D

    BalasHapus

terima kasih banyak sudah baca dan berkomentar dengan sopan :)