11/30/2013

Happy Saturday :)

Hari ini mau bahas sesuatu yang lebih berbobot, ahahay. Mau bahas tentang kepanitiaan nih. Di sini siapaa hayoo yang suka ikut-ikut jadi panitia? Mulai panitia acara 17an, seminar kampus, sampai panitia nikahan, apapun deh yang penting panitia :3 Panitia itu penting loh buat terselenggaranya sesuatu. Nah, malam ini ceritanyaa aku mau bahas tentang berbagai bagian atau divisi dari panitia. Khususnya buat kamu-kamu siswa maupun mahasiswa yang pengen banget jadi panitia tapi masih bingung kerjanya apa aja. Berhubung si Uzzy ini anak FK UB, jadi nama-nama panitianya pake yang sering dipake di sini yaa, mungkin di tempat lain namanya sedikit berbedaaa~ Berbeda-beda tetapi tetap satu juaa *abaikan ini*



BADAN PENGURUS INTI
Badan pengurus inti ini adalah pengurus yang inti *karepmu opo~
Hehehe biasanya terdiri dari Ketua Pelaksana, Wakil, Sekretaris, Bendahara.

Ketua Pelaksana
Atau disebut juga Kapel, Keplak, Ketapel (ciyus ini). Tugasnya ya jelas memimpin kepanitiaannya lah, namanya juga ketua. Hehehehe. Pokoknya dia nih yang paling bertanggung jawab sama semua hal tentang kepanitiaan itu. Gituuuu. Jadi ketua pelaksana itu orangnya harus wajib kudhu teges, dan bisa memahami semua staf-stafnya.

Wakil Ketua Pelaksana
Bisa ada, bisa juga gak ada. Tergantung dari skala event yang dibuat. Kalau skala kecil sih biasanya gak pake wakil juga ga masalah. Kerjaannya keliatan simple, dan biasanya cenderung kurang terkenal. Padahal kerjaannya malah berat loh dia itu kalau gak gantiin ketua pas berhalangan hadir yaaaa jadi pembantu umum. Jadi sekretaris dadakan? bisaaaa. Bendahara dadakan juga bisaaa.. Apapun bisa.

Sekretaris
Sekretaris ini kerjaannya berhubungan dengan nyatet, nyatet, dan nyatet. Pokoknya dia ini yang ngurusi masalah tulis menulis, catat mencatat, surat menyurat, proposal, laporan, dan sebagainya yang berhubungan dengan hitam di atas putih *aduh bahasaku
Sekretaris harusnya anaknya yang rajin, tulisannya bagus, cekatan, dan pastinya betah lama-lama di depan laptop.

Bendahara
Bisa dijelaskan dalam satu kata, DUIT.
Dia urusannya yaaa mengelola duitnya kepanitiaan itu. Gitu. Aja. *gitu aja jareeeee
Tapi kalau masalah duit emang rawan yaaa. Sensitif. Bendahara harusnya orangnya yang teliti, gak ceroboh, pandai berhitung dan suka menabung. Kalau bisa agak pelit dikit biar bisa irit.

ACARA
Ini divisi yang sangat penting dalam suatu kepanitiaan. Tugasnya adalah membuat rundown acara. Ada juga yang disebut kronologis acara, atau penjabaran dari rundown tersebut. Seorang anak acara haruslah kreatif, dan inovatif. Soalnya bikin acara yang menarik itu memang gak gampang kan. Selain bikin rangkaian acara, mereka juga lah yang harus menentukan materi apa yang akan disampaikan dan juga siapa pematerinya.
Aku sih dulu pernah jadi anak acara gitu...
Enaknya jadi anak acara itu, rasanya bangga aja bisa bikin suatu acara berjalan sesuai dengan keinginan kita. Apalagi ide-ide kreatif kita bisa tertuang dengan baik, nyenengin.
Gak enaknya pusing buat bikin rundownnya itu. Revisi terus sih, ada aja salahnya, ada pemateri yang tiba-tiba gak bisa ngasih materi pas jam itu, atau konsumsi nya belum dateng jadi jadwal makannya molor deh. Bisa jadi bikin rencana rundown itu dari plan A sampai plan Z *lebay. Hahaha.

KESTARI (KESEKRETARIATAN)
Kestari ini kerjaannya bantu sekretaris lah ngurusin kesekretariatan. Merekalah yang akan berjuang paling awal dan paling akhir dalam sebuah kepanitiaan. Mungkin sebelum panitia yang lain berjalan, eh sie kestari ini udah harus bikin proposal. Dan pas acara udah selesai, panitia lain udah bebas tugas, sie kestari masih harus menyelesaikan laporan pertanggungjawaban/LPJ. Selain proposal dan LPJ, mereka juga lah yang bikin surat dan juga absensi. Pokoknya serba kertas.
Aku sih belum pernah jadi kestari, tapi dulu pernah ngurusin sendiri proposal sampai LPJ dari program kerja non-event yang aku pegang.
Tau gak rasanya? Gak enak, luar biasaaa bikin pusing. Aku gak biasa sama kertas-kertas sih .___.
Enaknya? Aku belum menemukan. Mungkin hanya pejuang kestari yang memahami.

PDDM (PUBLIKASI, DEKORASI, DOKUMENTASI, MULTIMEDIA)
Kalau di tempat lain, bisa aja dipisah-pisah. Kalau di tempat aku digabungin gini. Soalnya kan emang simpel tuh kalau cuma publikasi doang, dekorasi doang, dokumentasi doang, multimedia doang~ Tapi sebenernya kalau digabungin gini, tugasnya kebanyakan cuy. Karena banyak, yuk mari dibahas satu-satu.

Publikasi
Kalau ada apapun yang harus dipublikasikan ke orang-orang, maka PDDM lah yang harus melakukan. Biasanya sih dia yang bakalan bikin poster publikasi, trus ditempel gitu baik di papan pengumuman mapun di sosial media.

Dekorasi
Iyaa... PDDM juga yang mendekorasi ruangan untuk event nya.

Dokumentasi
Dokumentasi di sini maksudnya memang unuk memotret semua kegiatan biar terdokumentasi dengan baik. Tapi sering banget dikira tukang foto keliling.

Multimedia
Maksudnya, PDDM lah yang harus membuat berbagai desain, untuk poster, wallpaper, foto corner, sertifikat, seminar kit, video, dan everything like that.

Aku sih udah dua kali jadi PDDM.
Enaknya itu bisa menyalurkan hobi. Seneng aja desain-desain gitu. Trus kerjaaanya seru, pas hari H sih enaknya kalau kebagian pegang kamera, bisa foto-foto dan itu gak bikin bosen.
Gak enaknya adalah ketika desainmu gak diterima, itu nyakitin banget. Kadang ada sih kapel yang memasrahkan semua urusan desain ke PDDM, tapi ada juga yang kalau gak sesuai keinginannya ya disuruh bikin lagi *curcol* Trus kalau sebelum hari H juga gak enaknya kalau harus sampai lembur buat dekorasi. Dan gak pernah tak lakuin yang itu sih :p

KONSUMSI
Biasanya selalu jadi sie yang paling dicintai semua orang kalau makanannya enak, dan dikata-katain kalau makanannya gak enak. Sesimpel itu. Aku sering jadi konsumsi, tapi acaranya skala kecil, dan konsumsi nya selalu cuma snack. Enaknya sih kalau snack itu gampang nyari yang pasti enak. Susahnya kalau konsumsi nasi, resiko mulai dari rasa gak enak, belum mateng, sampai basi selalu menghantui. Apalagi kalau skala nya besar dengan peserta yang banyak (contohnya probinmaba/ospek). Aku sih paling suka kalau dapet konsumsi Nasi Jotos. Hidup NASI JOTOS! *promosi terselubung*

HUMAS (HUBUNGAN MASYARAKAT)
Humas ini tuh bagaikan jembatan, yang menghubungkan antara panitia dan luar panitia. Tugasnya mulai dari menghubungi pemateri, jadi contact person untuk peserta yang mungkin mau tanya-tanya, menyebarkan undangan, mengurus izin ini dan itu. Syarat utama jadi seorang humas adalah selalu punya pulsa dan pinter komunikasi. Aku sih jujur belum pernah jadi humas, jadi gak ngerti rasanya :( Soalnya aku emang paling males sih kalau disuruh ngehubungin orang gitu. Hehehehe. Cuman pernah sih nemenin temen pas nyebar undangan. Ke sana-ke mari mencari alamat jeng jeng. Namun yang kutemui bukan dirinya. Sayaanggg yang kuterima alamat palsu~~

PERKAP (PERLENGKAPAN)
Perkap ini tu laki banget. Ya cewek juga ada sih, tapi jarang yang mau. Kerjaannya keliatan berat sih, angkat-angkat. Hahaha. Jadi seorang perkap itu yang harus menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan panita lainnya. Mulai dari pinjem ruangan, pinjem mic, pinjem lcd, pinjem kamera, semua-mua-muanya deh. Biasanya juga paling ngabisin duit, karena harga minjem sekarang mahal. Jadi perkap yang baik itu harus ngerti tempat persewaan murah, kalau bisa kenal sama pemiliknya. Atau mencari yang mau ngasih pinjeman gratisan. Pas hari H dia juga harus mengecek kembali apakah semuanya perlengkapan sudah ada dan berfungsi dengan baik. Aku belum pernah jadi perkap....... Tapi tau kok rasanya bantu perkap angkat-angkat, tau bangets. Ya gitudeh.

DANUS (DANA USAHA)
Sesuai dengan namanya, danus ini adalah yang bertugas mecari dana demi terselenggaranya acara. Yang paling sering sih cari sponsor yaaa. Tapi untuk menutupi kekurangan dana, biasanya mereka juga jualan. Mulai jual makanan, merchandise, sampai kancing pun dijual *18+ *ehmaafbercanda. Jadi danus harus pinter cari sponsor, kalau bisa punya banyak link dan bisa meyakinkan calon sponsor biar mau kerjasama. Trus juga harus kreati. Aku belum pernah jadi danus, habis males sih nyari duit buat diri sendiri lebih mudah daripada nyari duit buat kepanitiaan...

TRANSPORTASI 
Bukan sopir, cuman kebetulan emang tugasnya mengantar ke sana ke mari. Aku sih belum pernah, maklum naik kendaraan apapun aja kagak bisa. Huft. Jarang ada untuk kepanitiaan kecil.

SIE LAIN-LAIN
Biasanya ada hanya pada acara tertentu saja, yaitu:

KEAMANAN
Biasanya untuk acara yang outdoor, atau ke tempat yang belum pernah dikunjungi mungkin. Kerjaannya yaaa mengamankan, tapi bukan satpam. Kalau di FKUB, aku taunya adanya di acara Pengabdian Masyarakat/Penmas. Dulu sih pas penmas tuh anak-anak keamanan kerjaannya emang membuat kita merasa aman. Tiap selesai kegiatan, apalagi pas sampai malem, kita dianterin loh ke rumah induk semang masing-masing dan dipastiin gak ada yang ilang. So sweet pokok e. Biasanya cowok. Biasanya ganteng. Gak semua sih.......

PEMDIS (PEMERIKSAAN MEDIS)
Pemdis ini juga cuma ada di penmas. Kerjaannya adalah sama kayak acara gitu, tapi khusus ngurusin pemeriksaan medisnya. Dan sejujurnya aku kurang paham dengan yang satu ini, mungkin kalian lebih tau?

KORLAP (KOORDINATOR LAPANGAN)
Kalau di FK, ada di acara yang memang butuh mengkoordinasi lapangan. Contohnya penmas, probinmaba (ospek), dekan cup. Tujuannya adalah biar mobilisasi (maksudnya perpindahan) peserta itu cepet dan gak ribet. Dengan begitu acara gak akan molor. Kalau ospek sih biasanya mereka akan teriak unyu "MOBILISASI DIPERCEPAT! JANGAN NGOBROL! ITU CEPET DISUSUL DI DEPANNYA! hati-hati yaa, jangan lari, nanti jatuuuhhhh~ mumumumu" *gak gitu juga
Syarat utama jadi korlap adalah: GANTENG

ROHANI
Assalamualaikum. Rohani ini fungsinya adalah sama kayak acara juga, tapi khusus yang kerohanian. Adanya sih di acara penmas sama probinmaba. Begitu akhi, ukhti, semoga paham. Kenapa harus ada rohani? Karena sila pertama Pancasila adalah KETUHANAN YANG MAHA ESA, dan pilar kolegium yang pertama adalah RELIGIUS. Dan kita semua butuh acara yang mendekatkan kita pada Sang Pencipta kan :)
 
PENDAMPING 
Bisa Pendamping Tunas, Pendamping Atom, maupun Pendamping Hidup. Eh.
Pendamping ini cuman ada di probinmaba. trus embel-embel di belakang pendamping itu maksudnya nama kelompok ospeknya, tiap tahun ganti-ganti emang terserah kapelnya. Gitu. Kerjaannya tak sesimpel namanya, memang sih cuma mendampingi mahasiswa baru alias maba. Tapi pembinaannya yang berat nih. Karena seorang pendamping harus bisa membina maba nya dengan baik. Jadi pendamping itu enaknya adalah kamu bisa deket sama mahasiswa baru, trus bisa belajar sabar, disayang maba-maba, bisa punya fans, dan kali aja bonusnya bisa dapet pacar baru *apaan*
Gak enaknya ya gitu, pusing. Kerjaan kita agak abstrak emang, tapi yang paling penting dalam probinmaba... Belum lagi kalau harus menghadapi maba yang kelakuannya gak banget. Wah, siap-siap aja deh dibikin pusing.

TKP (TIM KONTROL PEMBINAAN)
Kalau ini juga cuma ada di probinmaba. Kalau pendamping membina dengan halus, maka TKP sebaliknya. Kerjaannya keliatannya sih cuman marah-marah. Tapi kalau di FKUB emang gak ada perpeloncoan, marah pun harus ada alasannya. Jadi TKP itu ya susah banget, karena mereka harus bisa memberi contoh dan jangan sampai terkesan omong doang. Seleksinya juga ketat, dan kalau terpilih berarti harus jadi TKP selama 2 tahun. Hihihi.

ILMIAH
Ini juga kayak acara seh, tapi ngurusin yang berhubungan dengan keilmiahan. Biasanya ada di acara yang lomba ilmiah gitu, ada juga di probinmaba.

MARKETING
Biasanya ada di acara lomba, kerjaannya adalah memasarkan lombanya. Mengumumkan kemana-mana tentang lomba ini. 

APA LAGI YAAAA? Apa ada yang belum kusebutkan? :3
Semoga tulisan ini membantu yaaaa :)

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih banyak sudah baca dan berkomentar dengan sopan :)