1/30/2013

Rek, IP mu piro?
Berapa IP mu?
IP ku bagus loh, IP kamu gimana?
bla bla blaaaaa



Pertanyaan di atas bisa jadi biasa aja buat segelintir mahasiswa, bahkan ada juga yang dengan bangga menjawabnya, yaaaa karena IP atau Indeks Prestasi mereka memang bagus. Namun, bagi sekelompok mahasiswa yang IP nya pas-pasan, ataupun di bawah standar, pastinya pertanyaan itu bakal merusak suasana. Langit yang cerah terasa mendung. Hujan. Badai. #lebay

Kalau menurut teman-teman, IP itu penting gak sih?
Di satu sisi, mungkin kalian pernah punya teman yang IP nya dewa banget, tapi hasil nyontek. Atau ada juga yang udah belajar semalaman (semalam sebelum ujian maksudnya) dan IP nya jeblok.
Ada juga yang dapat IP bagus karena salah satu mata kuliah dosennya enak, baik hati, gak pernah ngajar, tapi tau-tau dapet A. Bahkan, parahnya lagi dengan jurusan yang sama di universitas lain, IP bisa jadi jauh berbeda standarnya. Jadi, apakah IP bisa jadi patokan buat cari kerja? Penting gitu?

IP itu relatif (Siti Aliyah, 2012)

Buat yang bingung Siti ini sapa, dia itu teman saya. Aku suka banget sama kata-kata itu. Bener, IP itu relatif. Dibilang penting ya gak penting-penting banget. Dibilang gak penting yaaa penting sih. Tunggu, tapi pentingnya di mana sih?

Kata seorang teman, Gita namanya, IP itu penting untuk membahagiakan orang tua. NAH! Dari mana lagi coba orang tua kita ngerti seberapa paham kita dengan mata kuliah yang kita pelajari? YA, IP. Bayangin deh, kita wisuda terus orang tua kita semua pada dateng, trus nama kita dipanggil di daftar mahasiswa yang IP nya Cum Laude. Terus semua terharu nangis bahagiaaaaa aw aw aw aw aw *mupeng*

Dari pengalaman hidup beberapa orang, termasuk dosen pembimbingku, gak semua orang yang kerjanya di kampus cuman kuliah pulang, IP dewa, bisa dapat pekerjaan sesuai keinginan mereka. Kita butuh relasi. Dan orang-orang yang sudah terbiasa dengan organisasi lah biasanya yang punya banyak relasi. Tinggal sekarang bagaimana kita membagi waktu antara kuliah, organisasi, dan kehidupan pribadi kita. Untuk bisa sukses itu butuh perjuangan rek! Selain itu, yang lebih penting lagi yaitu attitude. Percuma kalau IP kamu 4 tapi gak punya tata krama. Dan, yang maha penting, jangan pernah lupa bersyukur dan berdoa, karena semua bisa terjadi atas kuasa Allah.

Berapapun IP yang kita peroleh, yang terpenting adalah kita bisa bertanggungjawab atas IP tersebut, karena IP itu murni kerja keras kita sendiri, bukan dari hasil curang. Terus usaha dan berdoa, lalu pasrah. Jaga tata krama kita. Yakin, kita pasti sukses! Jadi, jangan terlalu khawatir dengan IP yang mulai sulit jadi patokan. Karena IP dua koma dengan kerja keras jauh lebih baik daripada IP cum laude tapi kita tak dapat ilmunya.

Semoga IPK waktu lulus nanti bisa cum laude yaaa :3

Salam semangat ^^

4 komentar:

  1. semangat teman!
    Ayo kita samasama berjuang .
    kita bakal jadi mahasiswa yang lulus dengan IP CUMLAUDE dengan cara yang benar , softskill juara :)
    AMIIN . . .

    BalasHapus
  2. Cuma Allah dan diri sendiri yang tau kualitas belajar kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah! bener tuh kin. yang penting kita harus mampu menunjukkan kualitas itu :)

      Hapus

terima kasih banyak sudah baca dan berkomentar dengan sopan :)