4/04/2014

Malam minggu kemaren, kebetulan diajak kantornya ayah rekreasi ke Jogja. Terakhir ke sana, itu kayaknya pas aku SMP. Jadi yaa udah lupa Jogja gimana, hahahahaingatanjangkapendekhahaha, ya gak ding. Masih inget kok Jogja gimana. Cuman daridulu kalau ke Jogja tuh ya palingan ke Prambanan, Keraton, sama Pantai Parangtritis. Bosen. Tapi apa daya, berhubung ini liburan singkat, dan pake jasa tour and travel gitu, jadi ya otomatis jadwal sudah di atur, dan singkat-singkat. Sebenernya gue males liburan kayak gini, gak bebas gak bisa suka-suka gitu. Ya tapi lumayan lah, namanya juga liburan gratis...

Alert, cerita ini mengandung hal-hal yang sedikit jorok, mungkin tidak enak dibayangkan, jangan lanjutkan kalau anda tidak kuat atau anda sedang atau akan makan. Okay ^^

Singkat cerita, pukul 21.00 kita berangkat dari Malang menuju Jogja. Naik bis yang ada TVnya, AC nya, bantalnya, dan selimutnya, chargernya, kulkasnya (maksudnya tempat di atasnya AC itu kan dingin, jadi kayak kulkas gitu, haha gak tau namanya -_-), juga ada kamar mandinya. Lengkap. Kurang WIFI aja, perfecto lah ini bis. Pertama kalinya naik bis lengkap gini, wakakakak *miris* Ngomong-ngomong soal kamar mandi bis, dulu itu waktu kecil, ada yang bilang kalau pipis di situ, ntar ya pipisnya netes-netes gitu di jalan. Aku sih dulu percaya, makanya gak mau pipis di kamar mandi bis. Tapi pas udah gedhe, aku mikir lah, pasti ada penampung airnya, ya masak langsung netes ke jalan. Bayangin, kalau kita pipisnya di kamar mandi pesawat, trus gak ada penampungnya, kasian kan yang kena hujan pipis kita :(

"Selamat malam bapak ibu, perkenalkan nama saya Dewi. Bla bla bla bla........... di belakang ada kamar mandi, tapi cuman bisa buang yang kecil, gak bisa yang besar, karena gak ada penampung airnya, jadi langsung ke jalan. Kalau mau buang yang besar, jangan ragu untuk memanggil saya, nanti akan dicarikan pom bensin terdekat, cukup sebut nama saya tiga kali, ya"

What theeeeee.... PIPISNYA LANGSUNG KE JALAN?? Serius? Tapi kayaknya mbak Dewi Dewi Dewi ini serius deh. Oke, sebaiknya aku harus waspada kalau jalan di belakang bis. Hmmmm...

Singkat cerita, kita udah sampe Solo pas Subuh. Mampir ke masjid dulu buat sholat. Nah waktu antre kamar mandi itu panjaangg banget, dan begitu sampai giliranku, agak kaget juga sih. Masa di kamar mandi ada bekas softex yang tergeletak begitu saja di lantai, dan jumlahnya gak cuma satu meeennn.... Karena kebelet pipis dan udah ngantri panjang, akhirnya aku lorotin celana, pipis, siram, dan buru-buru keluar tanpa memandang si softex. Kemudian mbak-mbak di belakangku muntah-muntah begitu masuk ke dalamnya. Oke. Cukup.

Sesampainya di Jogja, hal yang pertama kali dilakukan adalah mandi dan sarapan. Karena emak gue lihay banget dalam hal cepet-cepetan ngantri, sebelum sampai lokasi kita udah nyiapin kresekan, yang udah kita siapin dari rumah berisi peralatan mandi beserta baju gantinya. Kece kan. Kata mbak Dewi Dewi Dewi, kalau kamar mandinya masih antri, kami boleh makan dulu. Tapi kata emak, mending mandi dulu sebelum antrian makin panjang. Dan kami langsung bergegas ke kamar mandi. Ngantri sih, tapi kita yang pertama dari rombongan bis kita yang sampai di kamar mandi, ha ha ha! Alhamdulillahnya, kamar mandinya aman, bersih. Tapi tiba-tiba setelah keluar dari kamar mandi, ada serangan muncul, tiba-tiba lorong kamar mandinya sesek men. Feeling seorang emak memang benar adanya.

Setelah itu kita sarapan. Dan ketemu cowok cakep. Cakep banget.
Ngomong-ngomong, waktu itu kita makan sayur aneh gitu, isinya ada mie bihun, trus ada gubis, sama kentang tipis-tipis gitu. Kuahnya bening. Gak tau deh sayur apa, tapi rasanya lumayan familiar. Baru akhir-akhir ini saat cerita-cerita sama adek, aku tau kalau itu adalah soto. Dan waktu adek ku makan (sebelum aku makannya) warna kuahnya kuning. Kok jadi bening ya? pfffttttttttt......

Lanjut setelah itu kita ke Prambanan. Ini Jogja rasa Bali meeennn. Karena besoknya itu Nyepi, jadi umat Hindhu ibadah gitu di Prambanan, pakai kebaya-kebaya gitu. Jadi kayak ada di Bali deh. Setelah itu kita langsung ke keraton. Trus setelah itu kita langsung ke tempat makan siang. Makanan yang kedua d Jogja ini gak lebih baik. Masa ada ikan bakar, tapi keras banget dagingnya gitu, trus sama weci tapi gak berasa. Parah banget pokonya. trus kamar mandinya juga airnya mati -_- Untung gak jorok sih, untungnya....

Setelah itu kita cyuusss ke Pantaaaiiiii! Perjalanannya agak lama, jadi yaa nyampe pantainya sore gitu. Oh ya, kita gak ke Parangtritis, tapi ke Pantai Depok. Aku sih belum pernah denger, tapi sempet search di google itu pantainya ada tempat pelelangan ikannya, trus banyak tempat makan sea food nya gitu. Sesampainya di sana juga aku sama keluarga cuma bentar di pantai, foto-foto aja. Pantainya kotor dan rame :( Sayang banget, padahal aku lagi pengen ke pantai loh, tapi suasananya bener-bener gak enak. Jadilah kita langsung cus ke salah satu warung deh. Ternyata, belinya minimal setengah kilo, jadi kita beli cumi di asam manis sama udang goreng tepung. Harganya juga gak terlalu mahal loh, cumi nya 50ribu, udang 30 ribu. Plus ongkos masaknya 10 ribu doang! Bayangkan saudara ongkosnya 10ribu doang! Itu rasanya enaaakk banget, banyak pula, tapi akhirnya habis juga loh. Trus denger-denger ada yang beli cumi setengah kilo mentahnya doang 60 ribu, oh beruntungnya daku.

mbak dan adek yang sering dikira mas dan adek (maklum, imut-imut)

Setelah dari pantai kita langsung ke toko Coklat Monggo, coklat khas Jogja yang dibikin sama orang Belgia, kebayang gak rasanya? Pasti enaaaaaaakkkk banget deh. Tapi apa daya, sayang beribu kali sayang, terjadi sesuatu saat di jalan. Bus lain ada yang mogok, akhirnya penumpang bus mogok itu terpaksa harus pindah ke bus-bus yang lainnya. Dan hari pun semakin malam sehingga kami memutuskan langsung ke hotel buat istirahat. Bahkan rencana ke Malioboro pun batal, padahal belum belanja apa-apa :|

Hotel yang kita tempati ini sebenernya juga apartemen gitu. Aku dan keluarga dapet lantai paling atas, kamar 2814. Ternyata di dalamnya ada dapurnya, ruang tamu dengan TV, ruang makan, juga ada balkon. Trus kamarnya ada 4, dengan kasur yang gedhe-gedhe. Aku kira kamarnya terlalu banyak, karena keluargaku kan cuman berempat, dan aku gak mau tidur sendirian begitu melihat suasana di sini agak horor. Tapi ternyata, kamar ini untuk 2 keluarga. Jadilah malam itu aku tidur berdua dengan adek. Sebelum tidur, kita mandi-mandi dulu. Eh ternyata air kerannya kotor, kayak semacam kamar ini tuh lama gak dipake gitu loh. Akhirnya terpaksa dibuang dulu air nya sampai jernih. Trus waktu aku lagi pipis, tiba-tiba di bath tubnya ada kecoaknya!! Padahal hotel ini keliatan bagus loh dari luar, tapi kok gini ya :| Parahnya lagi, pas aku mau pup gak jadi, soalnya ya gitu tiba-tiba suasana jadi horor, dan si pup ku gak mau keluar git. (Btw, setelah itu ada yang pup dan ternyata klosetnya rusak, trus pupnya gak bisa turun ke bawah, jadi ngambang gitu xixixixixi, bonus buat yang bersihin kamar ini entar deh.

Gak cuma kamar mandinya yang rusak, perabot di sini juga banyak yang udah rusak dimakan rayap, padahal bagus-bagus loh, sayang banget. Kasur ku aja agak ringsek karena bagian kakinya udah dimakan rayap gitu. Jadi kalau tiba-tiba pas malemnya tempat tidurnya jebol gimana ya :| Udah gitu lukisan di atas kasur pigoranya juga kayak mau jatuh gitu, kalau jatuh beneran gimana :|

Tapi gak tau gimana caranya, malam itu aku tidur pulas, dan tiba-tiba sudah pagi. Aku terbangun dengan berfikir "aku dimana ya?" butuh beberapa detik untuk menyadari kalau aku lagi di sebuah hotel di Jogja. Okeee. Langsunglah aku mandi dan ganti baju karena hari ini jadwalnya kita mau ke Malioboro dan ke Pabrik Bakpia 25 lalu pulang ke Malang. Untuk pertama kalinya dalam hidupku, aku pengen cepet-cepet pulang saat liburan, udah capek banget rasanya, bukannya terhibur gitu.

Di Malioboro sih lumayan puas dengan belanjaan, sempet beli baju batik sama ada coklat monggo juga. Setelah itu baru lah ke pabrik bakpianya. Tapi tiba-tiba Mbak Dewi Dewi Dewi bilang kalau bakpia nya habis, soalnya emang wisatawan membludak di Jogja karena Bali tutup pas Nyepi. Akhirnya kita mampir ke pabrik lainnya, yaitu bakpia Djava yang katanya enak banget itu. Belum juga parkir, masa kita udah dibilangin kalo bakpia nya mereka juga abis?? Akhirnya ya kita tetep turun di situ buat nyari oleh-oleh lainnya. Tapi kan yang khas Jogja ya bakpia Pathok :( Semua mintanya itu. Maka, kecurangan pun dimulai.

Kecurangan ini berawal dari karyawan yang ngebut bikin bakpia, akhirnya kita pun menunggu. Akhirnya beberapa kardus bakpia datang dari pintu belakang dan kita semua berebutan mengambil. Ayah dapat 2 kardus aja. Padahal rencana mau ngasih oleh-oleh ke 30 orang yang artinya harus beli 30 kardus. Kurang 28. Tapi tiba-tiba ada 3kardus tergeletak begitu saja, entah milik siapa. Dengan sigap, emak mengambilnya dan langsung di bayar ke kasir biar gak ketauan kalau kita punya 5 kardus, padahal yang lain ada yang gak dapet :p Karena takutnya kurang, kita beli yangko aja sebelum yangko nya juga habis.

Tidak hanya sampai di situ, akhirnya kita menunggu lagi di depan pintu belakang. Sampai-sampai wisatawan rombongan lain bingung dengan tingkah laku kita saat itu. Tapi tiba-tiba aja orang-orang berlarian ke pintu depan! Ternyata bakpia sampai lagi! Jalanan di dalam toko penuh sesak karena orang-orang berebut ke pintu depan. Aku pun tak sebodoh itu lah, aku keluar lewat pintu belakang dan lari ke pintu depan, akhirnya toh aku dapet belasan kardus bakpia. Hahahaha. Mission Completed B)

Akhirnya, semua hal yang aku alami membuatku sakit, masuk angin kayaknya deh. Aku tergeletak di bis dalam perjalanan ke Malang. Semua awalnya masih baik-baik saja sih, cuman jadi bertambah parah ketika tiba-tiba salah seorang anak kecil kebelet pup. Tapi sepanjang jalan, tidak ada pom bensin. Akhirnya disarankan anaknya pup di kamar mandi belakang aja, tapi ditadahi kresek. Trus kata sopir nya bilang gakpapa langsung aja, anak kecil juga. Dan hal itu pun terjadi. Aku gak bisa bayangin nasib kendaraan-kendaraan di belakang kami jikalau mereka melihat benda-benda lonjong yang aneh jatuh ke jalan....

Ah, yang penting sudah sampai Malang lagi!

4 komentar:

  1. malam minggu ya? aku lagi di semarang malam minggu mah. kalo sekarang di jogja. hehe
    ayo ke jogja lagi ji.. nanti tak ajakin ke tempat selain prambanan, parangtritis, n keraton. hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru balesss hahaha pengen ke jogja lg mbaaaakkkk

      Hapus
  2. duuuh.. pengen bilang uuuuwh..
    mba, aku lagi sarapan loh ini.. haha ;p

    BalasHapus

terima kasih banyak sudah baca dan berkomentar dengan sopan :)