3/14/2013

Huaaaahhhhhhh Senin aku ujian .___________. *panik* *lari kesana* *lari kesini* *pushupbackupsitup*

Fyuuuuhh, mungkin bukan cuma aku yang merasa gugup menjelang ujian, pasti semua orang gak akan lepas dari yang namanya gugup. Kata dosen aku sih, gugup itu hal yang manusiawi banget. Dan kata seseorang (lupa namanya), gugup itu malah normalnya ada, kalo ada orang yang gugup sama sekali, malah gak normal katanya. Tapi, nyatanya kalo kita merasa gugup, semua yang sudah kita hafal dan pahami, bisa seketika hilang. Semua berubah sejak negara api menyerang...

Tapi tenang, gugup itu paling tidak bisa kita kontrol kok, kalau aku sendiri biasanya dengan menenangkan diri. Ada beberapa hal yang mungkin bisa juga kamu coba, nih. Aku sih selalu berusaha make cara-cara ini,

sumber
1. PASRAH
Iya, pasrah aja kali. Kan kita juga udah belajar kan ya? Jadi pasrahkan aja sama Allah. Yakin aja pasti kita sapat hasil sesuai kerja keras kita.

2. BELAJAR JANGAN SKS
Tau SKS kan? Sistem Kebut Semalam itu looohh. Hihihihi. Kalau kita belajarnya ndadak, otomatis bisa lebih panik dan gugup. Jadi usahakan hindari yang ndadak-ndadak gini ya. Siapkan semuanya dengan baik.

3. MEMAHAMI BUKAN MENGHAFAL
Nalar kita pasti bisa diandalkan saat gugup bila kita paham konsepnya, bukan sekedar menghafal. Karena, kalau kita belajar dengan sistem hafalan, bisa jadi lupa semua kalau gugup, kan repot jadinya.

4. MINTA RESTU ORANG TUA
penting loh, minta doa dulu sebelum berangkat ujian. Doa nya orang tua itu lebih mujarab lohh.

5. TARIK NAFAS DALAM
Sebelum mulai ujian, jangan lupa tarik afas dalam dulu biar tenang. Jangan lupa berdoa juga sebelum ujian dimulai

6. PEDE AJA LAGI!
percaya diri kamu sendiri, jangan mudah terpengaruh pendapat orang lain. Karena, belum tentu jawaban teman kamu lebih benar dari jawabanmu. So, pede aja lagi!

7. ............
ada lagi??

Trus kalau kita udah terlanjur gak siap buat ujian gimana dong? Yaudah PASRAH aja laahhh.. HAHAHAHA,

Salam manis,
Mahasiswa IPK dua koma

6 komentar:

  1. Kalau saya mbak,cukup kuasai materi yang mau diujiankan dan berdoa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip sip hehehe emang harus usaha + doa seimbang

      Hapus
  2. Tips yg sangat menarik, khususnya utk pelajar yg sedang mengikuti ujian

    BalasHapus
  3. wawwh, tau aja besok senin aku juga mau usek mbak :O
    panik nggak panik nggak.. sebenernya malah agak bingung, aku nggak terlalu mikirin kalo ujian besok ini sangat penting. Bismillah, semoga siap :)

    BalasHapus

terima kasih banyak sudah baca dan berkomentar dengan sopan :)